Contoh hasil Laporan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS)

Selasa, 24 Maret 2009

Berikut ini ada sebuah contoh hasil laporan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang dilakukan oleh Darmolan Marhaban, seorang pengawas di Dinas Pendidikan Kota Surabaya. Mungkin contoh ini bisa dijadikan sebagai pembanding bagi Anda yang ingin melakukan penelitian yang sama semoga bermanfaat,">



LAPORAN HASIL PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH

PENINGKATAN KEMAMPUAN KEPALA SEKOLAH
DALAM MELAKSANAKAN SUPERVISI KLINIS
BAGI GURU MATA PELAJARAN EKONOMI
MELALUI PELATIHAN PADA SMA BINAAN
DI KOTA SURABAYA
TAHUN PELAJARAN 2007/2008










Oleh:
Drs. H. DARMOLAN MARCHABAN, M.M.
Pembina Tingkat I, IV/b
NIP. 130806454




PEMERINTAH KOTA SURABAYA
DINAS PENDIDIKAN
Jalan Jagir Wonokromo 354-356, Telepon (031) 8418904
SURABAYA
2007



PENGESAHAN

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN PROVINSI JAWA TIMUR
1. Judul Penelitian Peningkatan Kemampuan Kepala Sekolah dalam Pelaksanaan Supervisi Klinis bagi Guru Mata Pelaaran Ekonomi Melalui Pelatihan di SMA Binaan Kota Surabaya Tahun Pelajaran 2007/2008

2. Identitas Peneliti
a. Nama Lengkap : Drs. H. Darmolan Marchaban, M.M.
b. NIP :130 806 454
c. Pangkat, Golongan : Pembina Tinkat I, IV/b
d. Pengawas Satuan Pendidikan : SMA
e. Provinsi : Jawa Timur
f. Kabupaten/Kota : Surabaya
g. Alamat Kantor : Jl. Jagir Wonokromo 354-356, Surabaya
h. Telepon : 031-8430284

3. Lama Penelitian : 3 bulan, mulai Juni s.d. Agustus 2007

4. Sumber Dana : Direktorat Tenaga Kependidikan Ditjen PMPTK


Surabaya, 25 Juni 2007

Pembimbing, Peneliti,


Drs. Solichan Abdullah, M.Sc. Drs. Darmolan Marchaban, M.M.
NIP. 130 803 921 NIP. 130 806 454




Mengetahui,
Koordinator Pembimbing,




Dr. Wasis D. Dwiyogo, M.Pd.
NIP. 131 652 238




ABSTRAK
Judul: Peningkatan Kemampuan Kepala Sekolah dalam Melaksanakan Supervisi Klinis bagi Guru Mata Pelajaran Ekonomi Melalui Pelatihan pada SMA Binaan di Kota Surabaya Tahun Pelajaran 2007/2008
Realitas di lapangan tergambar bahwa kompetensi kepala sekolah dalam melakukan supervisi akademis masih sangat beragam. Ikhtiar peningkatan kemampuan para kepala sekolah dalam melaksanakan supervisi klinis di SMA yang dipimpinnya dipilih oleh peneliti ini melalui kegiatan pelatihan. Karena kegiatan pelatihan dianggap lebih efektif untuk peningkatan kemampuan. Guna merekam gambaran proses peningkatan kemampuan supervisi klinis para kepala sekolah SMA, penelitian tindakan sekolah ini dirancang, dilaksanakan, dan direfleksikan.
Permasalahan yang menjadi pokok bahasan dalam penelitian ini adalah (1) Bagai-mana cara meningkatkan kualitas apresiasi kepala sekolah terhadap model supervisi klinis dalam membantu guru di sekolahnya untuk memperbaiki kualitas pembelajaran? (2) Ba-gaimanakah cara meningkatkan kemampuan kepala sekolah dalam melaksanakan supervisi klinis bagi guru mata pelajaran Ekonomi melalui pelatihan? Dengan demikian, tujuan penelitian tindakan ini adalah untuk (a) memperoleh gambaran tentang cara meningkatkan kualitas apresiasi kepala sekolah terhadap model supervisi klinis dalam membantu guru di sekolahnya dalam memperbaiki kualitas pembelajaran, dan (b) mem-peroleh gambaran tentang cara meningkatkan kemampuan kepala sekolah dalam melaksanakan supervisi klinis bagi guru mata pelajaran Ekonomi melalui pelatihan.



KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Ilahi Robbi yang telah memberikan limpahan rahmat dan taufiqNya sehingga penelitian tindakan sekolah (PTS) ini dapat terlaksana secara purna hingga penyusunan pelaporannya.
Penelitian tindakan sekolah ini diberi judul “Peningkatan Kemampuan Kepala Sekolah dalam Melaksanakan Supervisi Klinis bagi Guru Mata Pelajaran Ekonomi Melalui Pelatihan pada SMA Binaan di Kota Surabaya Tahun Pelajaran 2007/2008”. Sepanjang proses pelaksanaan penelitian serta penyusunan pelaporan hasil PTS ini, penulis dibantu oleh banyak pihak. Oleh karena itu, sepatutnyalah pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih yang tulus kepada pihak-pihak yang dimaksud, yaitu terutama kepada:
1.Bapak Drs. H. Sahudi, M.Pd., Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya yang telah memberikan kepercayaan kepada penulis utuk melaksanakan rangkaian penelitian tindakan sekolah ini.
2.Bapak Dr. Wasis D. Dwiyogo, M.Pd., dosen Universitas Negeri Malang selaku Ko-ordinator Pembimbing Penulisan PTS yang banyak memberikan arahan serta bimbingan selama proses perencanaan, pelaksanaan, hingga penulisan hasil PTS.
3.Bapak Drs. Solichan Abdullah, M.Sc., selaku Pembimbing Penulisan PTS yang secara instens memberikan bimbingan, arahan teknis, serta alternatif-alternatif pemecahan masalah secara solutif sepanjang proses PTS ini.
4.Seluruh Kepala SMA Negeri dan Swasta binaan Kepengawasan penulis di Kota Surabaya yang turut berperan memberikan andil dalam proses PTS ini.
5.Semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu per satu dalam halaman ini.
Semoga segenap fasilitasi, tenaga, waktu, dan pikiran yang Bapak/Ibu/ Saudara limpahkan sehingga semua tahapan proses PTS ini berjalan lancar dicatat oleh Allah Yang Maha Kuasa sebagai amalan yang mengalir pahalanya.
Meski PTS ini telah dilakukan penulis secara optimal, kritik dan saran membangun dari dewan pembaca dengan terbuka penulis terima dengan senang hati.
Akhir kalam, semoga isi tulisan ini ada guna dan manfaatnya untuk kemajuan pendidikan khususnya pendidikan di Kota Surabaya.

Surabaya, 25 Agustus 2007
Penulis,


Drs. H. Darmolan Marchaban, M.M.
Pembina Tingkat I
NIP. 130 806 454



DAFTAR ISI

Halaman Judul ………………………………………………………………………….i
Lembar Pengesahan ……………………………………………………………….ii
Abstrak …………………………………………………………………………………..iii
Kata Pengantar …………………………………………………………………………iv
Daftar Isi …………………………………………………………………………………..v
Daftar Tabel ………………………………………………………………………… vi
Daftar Gambar ……………………………………………………………………. vii
Daftar Lampiran ………………………………………………………………….. viii

Bab I PENDAHULUAN …………………………………………………………… 1
A. Latar Belakang Masalah ……………………………………………………. 1
B. Perumusan Masalah …………………………………………………………. 4
C. Tujuan Penelitian ……………………………………………………….. 5
D. Ruang Lingkup Penelitian………………………………………………….. 5
E. Manfaat Penelitian ………………………………………………………… 5

Bab II KAJIAN PUSTAKA ………………………………………………………………7
A. Pembelajaran Berbasis Masalah …………………………………………..7
B. Focus Group Discussion …………………………………………………….12
C. Supervisi Klinis ………………………………………………………………15
D. Pelatihan dalam Bentuk Inservice-Training dan Upgrading ……………. 18

Bab III METODOLOGI PENELITIAN ………………………………………….. 21
A. Lokasi Penelitian ………………………………………………………………21
B. Perencanaan Tindakan ……………………………………………………. 22
C. Pelaksanaan Tindakan ……………………………………………………. 22
Siklus 1 ……………………………………………………………………….. 22
1. Perencanaan ……………………………………………………………………….. 22
2. Pelaksanaan ………………………………………………………………23
3. Observasi ………………………………………………………………….23
4. Refleksi ……………………………………………………………………….. 23
Siklus 2 ……………………………………………………………………….. 24
1. Perbaikan Perencanaan ……………………………………………………. 24
2. Perbaikan Pelaksanaan ……………………………………………………. 24
3. Observasi ………………………………………………………………24
4. Refleksi ……………………………………………………………………….. 24
D. Data dan Sumber Data …………………………………………………….25


Bab IV HASIL DAN PEMBAHASAN …………………………………………..28
A. Hasil Penelitian ………………………………………………………………29
B. Pembahasan ……………………………………………………………..33

Bab V SIMPULAN DAN SARAN …………………………………………………… 36
A. Simpulan ……………………………………………………………..36
B. Saran ……………………………………………………………………….37

DAFTAR PUSTAKA ……………………………………………………………………….38



DAFTAR TABEL

DAFTAR GAMBAR

DAFTAR LAMPIRAN

0 komentar:

About This Blog

Lorem Ipsum

  © Free Blogger Templates Columnus by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP