Panduan Praktis Menyusun dan Laporan PTK

Selasa, 24 Maret 2009

PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK):
Panduan Praktis Menyusun Proposal dan Laporan PTK )
Oleh: Chamim Rosyidi Irsyad, M.Si., M.Pd. )


I. Sistematika Proposal PTK
A. Judul PTK
Sederhana, singkat (maksimal 15 kata), spesifik, disarankan berisi minimal 4 hal, yaitu:
a. Penyakit : problematika pembelajaran/pendidikan di kelas: misalnya “peningkatan …”
b. Obat : solusi yang dipilih dari hasil diagnosis: misalnya “melalui …”, “dengan …”
c. Pasien : subjek penelitian (siswa atau guru yang menglami masalah, perlu pengobatan)
d. Tempat Pengobatan : sekolah (PG/TK/RA/SD/MI/SMP/MTs/SMA/SMK/MA)

B. Latar Belakang Masalah
Memaparkan kesenjangan antara harapan (das sollen) dan kenyataan (das sein), antara de jure dan de facto beserta penyebab terjadinya kesenjangan tersebut.
• Mengapa, untuk apa, dan apa sebab dilakukan PTK serta diperkuat dengan data (HB rendah, Kondisi riil/fenomena yang terjadi di kelas)
• Kaitkan dengan kondisi ideal (undang-undang/peraturan/teori) sehingga terkuak gap.
• Solusi apa yang akan dilakukan.

C. Rumusan Masalah
Rumusan masalah merupakan pertanyaan yang jawabannya diuji melalui pelaksanaan PTK yang berupa tindakan nyata di kelas.
• Diangkat dari masalah keseharian di kelas
• Masalah layak dan perlu diselesaikan melalui PTK
• Bukan masalah yang secara teknis metodologis di luar jangkauan PTK
• Rumusannya disarankan berupa kalimat tanya dengan komposisi UMOS: upaya, masalah, alternatif obat/tindakan, dan setting

D. Tujuan dan Manfaat Penelitian
Tujuan penelitian memuat pernyataan yang jelas tentang sesuatu yang akan dicapai setelah kegiatan tertentu dilaksanakan. Formulasinya lazim mengikuti rumusan masalah dengan jalan mengubah kalimat PERTANYAAN menjadi PERNYATAAN.
• Perumusannya taat asas dengan hakikat permasalahan yang telah diungkapkan pada bagian-bagian sebelumnya
• Sasaran antara dan sasaran akhir tindakan dipaparkan secara gambling
• Indikator keberhasilan tindakan dapat dieksplisitkan atau diungkap tersendiri

Kontribusi atau kemanfaatan hasil penelitian berupa hasil penelitian/temuan yang diperoleh melalui PTK, baik secara teoritik (untuk apa?) maupun manfaat praktis (untuk siapa saja?).
• Paparan spesifik keuntungan-keuntungan yang dijanjikan terhadap pendidikan
• Perlu diungkap inovasi-inovasi yang akan dihasilkan dari penelitian ini

E. Ruang Lingkup dan Keterbatasan
Menjelaskan tentang cakupan apa saja yang diteliti beserta keterbatasan-keterbatasan yang ada.

F. Definisi Operasional

Menjelaskan istilah/konsep yang dipakai dalam penelitian ini untuk menghindari adanya multi-tafsir. Yang diungkap dapat berupa kristalisasi penjelasan dari “penyakit” dan “obat” pada kajian pustaka.

G. Kajian Pustaka
Berisi paparan tentang hal-hal berikut.
• Paparan tentang ‘penyakit’/masalah penelitian.
• Paparan tentang ‘obat’/solusi yang dipilih dan akan dilakukan.
• Paparan tentang ‘obat’/solusi permasalahan dengan didukung teori/pendapat pakar
• Paparan tentang keterkaitan/pengaruh ‘obat’/solusi terhadap ‘kesembuhan penyakit’/teretasnya permasalahan dengan didukung teori sahih/pendapat pakar

H. Prosedur Penelitian, Jadwal, dan Pembiayaan
Cara-cara yang ditempuh untuk mencapai tujuan penelitian, sekurang-kurangnya terdiri atas:
• Rancangan Penelitian; memaparkan tentang hasil kajian pendahuluan (refleksi awal) dan pola/rancangan tindakan (siklus empat langkah: perencanaan, implementasi tindakan, observasi dan interpretasi, analisis dan refleksi)
• Subjek dan Tempat Penelitian;
• Perencanaan;
• Implementasi Tindakan dan Observasi; (a) mendeskripsikan tindakan yang akan digelar, scenario kerja tindakan perbaikan, serta rancangan prosedur tindakan, dan (b) memaparkan teknik melakukan pengamatan serta panduan interpretasi hasil pengamatan
• Analisis dan Refleksi;
• Penyiapan Partisipan;
• Jadwal Penelitian;
• Rancangan Anggaran;

I. Daftar Pustaka
J. Lampiran-Lampiran


II. Sistematika Laporan PTK

A. Utama
1. Abstrak
2. Kata Kunci (Keywords)
3. Bab I Pendahuluan
4. Bab II Kajian Pustaka
5. Bab III Metode Penelitian
6. Bab IV Hasil Penelitian dan Pembahasannya
7. Bab V Penutupan
8. Daftar Pustaka
B. Tambahan
1. Halaman Judul
2. Halaman Pengesahan
3. Kata Pengantar
4. Daftar Isi
5. Daftar Table (kondisional)
6. Daftar Grafik (kondisional)
7. Daftar Gambar (kondisional)
8. Daftar Lambing/Singkatan (kondisional)
9. Biografi Singkat Peneliti


SUMBER-SUMBER RUJUKAN

Kisyani. 2009. Program Untukmu Guruku 2009, Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Teori dan Implementasinya. Disampaikan pada Semiloka PTK bagi Para Guru di Jatim oleh Dinas Pendidikan Jatim dan Jawa Pos. Februari – Maret 2009.
Kisyani-Laksono. 2009. Pokok-Pokok PTK. Dalam http://kisyani.wordpress.com.
Suhardjono. 2009. 25 Pertanyaan dan Jawaban di Sekitar Penelitian Tindakan Kelas. Disampaikan pada Semiloka PTK bagi Para Guru di Jatim oleh Dinas Pendidikan Jatim dan Jawa Pos. Februari – Maret 2009.
Suaharsimi Arikunto, Suhardjono, Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.


0 komentar:

About This Blog

Lorem Ipsum

  © Free Blogger Templates Columnus by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP